Written by Super User on . Hits: 566

SOSIALISASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH

DILINGKUNGAN PENGADILAN AGAMA AMBON KELAS I.A

 

Ambon, Senin(28/3) - Bertempat di Ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A, telah dilaksanakan Sosialisasi SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah). Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua, Panitera, Sekretaris,Hakim, pejabat Fungsional - Struktural dan seluruh ASN dan PPNPN Pengadilan Agama Ambon. Drs. H. Tomi Asram, S.H.,M.H (Hakim PA. Ambon), selaku narasumber SPIP dalam penyampaian materi, beliu menyampaikan bahwa SPIP adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Beliau juga menyampaikan bahwa SPIP memilki tujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektifitas dan efesiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah dimana para pimpinan memiliki andil yang besar dalam mewujudkan tujuan dari SPIP tersebut. Adapun Peranan dari pimpinan lanjut beliau, yaitu Pimpinan instansi pemerintah wajib menciptakan dan memelihara lingkungan pengadilan yang menimbulkan perilaku positif dan kondusif untuk penerapan sistem pengendalian intern dalam lingkungan kerjanya melalui:

  • Penegakan integritas dan nilai etika
  • Komitmen terhadap kompetensi
  • Kepemimpinan yang kondusif
  • Pembentukan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan
  • Pendelegasian wewenang dan tanggung jawab yang tepat
  • Penyusunan dan penerapan kebijakan yang sehat tentang pembinaan SDM
  • Perwujudan peran aparat pengawasan intern pemerintah yang efektif
  • Hubungan kerja yang baik dengan Instansi Pemerintah terkait.

Di akhir sesi pemaparan materi SPIP, Drs. H. Tomi Asram, S.H.,M.H.selaku narasumber, menyampaikan bahwa sebaiknya segala pelaksanaan kegiatan kinerja dapat mempedomani tujuan akhir dari SPIP tersebut.

 

Admin IT

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ambon Kelas I A

Jl.Raya Kebun Cengkeh, Batu Merah Atas, Ambon - 97128

Telp. : (0911) 349 815

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

SOSMED

facebook     instagram     youtube

IT Pengadilan Agama Ambon © 2019