Written by Afwan on . Hits: 1502

Ambon | www.pa-ambon.go.id

Kamis (11/07/2013), Ketua Pengadilan Agama Ambon Drs. H. Ilham Mushaddaq. SH. MH menghadiri Acara Pembukaan Orientasi peningkatan peran Tokoh Masyarakat Muallaf Maluku bersama Pasantren Islam Al-Anshor Ambon sekaligus buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh Pondok Pasantren Al- Anshor yang merupakan Pansentren untuk Muallaf, Anak Yatim dan Kaum Dhuafa yang bertempat di Stain Ambon, kegiatan ini turut juga dihadiri oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, MUI Provinsi Maluku, IAIN, Pengadilan Agama Ambon serta Tokoh-tokoh Masyarakat dan Organisasi Islam.

Pimpinan Yayasan Pondok Pasantren Al- Anshor Ust. Hi. Abu. Imam A. Rohim Rumbara, S.Pd.I menyampaikan bahwa Pondok Pasantren Al- Anshor ini berdiri pada tahun 2002 dan sekarang jumlah santri yang ada pada Pondok Pasantren Al-Anshor ini sebanyak 450 santri yang terdiri dari Mualaf, Anak Yatim, Kaum Dhuafa dan Anak-anak Korban Kerusuhan dan Program Pendidikan Unggulan dari Pondok Pasantren Al-Anshor ini adalah Menghafal Al-Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang diakhir acara nanti akan disuguhkan kebolehan oleh masing-masing Santri dari Program Pendidikan Unggulan tersebut. beliau juga menyampaikan Khususnya untuk para Muallaf pasca konflik yang terjadi di Maluku antara Tahun 1999 s/d 2004 ikut mempengaruhi lebih dari 3000 orang masuk Islam ini tersebar di beberapa Kabupaten dan Kecamatan di Kota Ambon dan sejak mereka memeluk Agama Islam sampai sekarang dirasa kurang maksimal dalam mendapatkan pembinaan keislaman, bahkan beberapa tempat di Kabupaten dan Kecamatan di Kota Ambon  tidak mendapatkan pembinaan sama sekali oleh karena itu sampai dengan tahun 2013 ini tercatat lebih dari 100 orang kembali menjadi murtad, untuk itu dengan moment acara ini diharapkan peran dari para Tokoh Masyarakat Muallaf yang berjumlah 20 orang yang akan mengikuti Orientasi dan akan di bina selama 24 hari di Pondok Pasantren Al-Anshor selama Bulan Ramadhan 1434 H/2013 M ini dapat menjadi penopang Da’wah serta Perisai yang dapat membentengi para warga Muallaf dari gerakan permutadan yang kian hari semakin gencar dilakukan.

Selanjutnya Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku sangat mengapresiasi dengan pelaksanaan Orientasi yang dilakukan oleh pondok Pasantren Al-Anshor ini dan beliau menyampaikan, beliau akan memberikan bantuan kepada Pondok Pasantren Al-Anshor dengan membangun 3 (tiga) kelas belajar untuk para santri.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ambon Kelas I A

Jl.Raya Kebun Cengkeh, Batu Merah Atas, Ambon - 97128

Telp. : (0911) 349 815

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

SOSMED

facebook     instagram     youtube

IT Pengadilan Agama Ambon © 2019